Rabu, 14 Februari 2018

Penyebab Dan Pengobatan Gusi Bengkak Bernanah

Written by

Penyebab Dan Pengobatan Gusi Bengkak Bernanah - Bagi orang yang pernah merasakan gusi bengkak tahu betapa sakitnya dalam kondisi tersebut. Gusi bengkak adalah salah satu gejala dari gingivitis kronis atau peradangan gusi kronis. Gusi bengkak biasanya disertai bau mulut, pendarahan bahkan nanah, tapi tidak semua penderita mengalami pendarahan dan bernanah.

Gusi bengkak umumnya disebabkan oleh abses gigi. Abses gigi terjadi akibat infeksi bakteri yang umum terjadi pada orang dengan kebersihan dan kesehatan gigi yang buruk. Nanah yang berkumpul pada benjolan, lambat laun akan terasa bertambah nyeri.

Penyebab Dan Pengobatan Gusi Bengkak Bernanah

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pembengkakan pada gusi, diantaranya : 
  1. Plak dan Tartar
    Ini adakah penyebab paling umum pembengkakan gusi. Plak adalah lapisan tak terlihat pada gigi dan gusi yang terbentuk oleh bakteri di mulut. Plak akan terlihat jika gigi tidak dibersihkan secara rutin sehingga menimbulkan zat berwarna kekuningan pada permukaan gigi. Plak dapat dihilangkan dengan menyikat gigi karena konsistensinya yang lunak. Plak tidak hanya menyebabkan gigi berlubang tapi juga menyebabkan infeksi. Plak yang menumpuk dapat masuk ke dalam gusi dan menyebabkan peradangan.

    Tartar terbentuk dari plak yang mengeras dan juga dikenal dengan sebutan dental kalkulus atau karang gigi. Plak akan berubah menjadi tartar dalam kurun waktu tertentu atau biasanya lebih dari 10 hari. Biasanya tartar terbentuk di antara celah gigi dan gusi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi, sehingga pembentukannya cenderung tidak terkontrol dan hanya bisa dibersihkan oleh dokter gigi.
  2. Iritasi
    Reaksi alergi terhadap bahan yang terkandung dalam pasta gigi, makanan, obat-obatan atau bahkan kawat gigi, dapat menyebabkan iritasi dengan gejala kemerahan dan pembengkakan pada jaringan gusi. Banyak orang baru menyadari bahwa mereka mengalami gusi bengkak setelah mengganti pasta gigi jenis yang berbeda dari biasanya.
  3. Sisa Makanan
    Makanan yang masuk masuk ke bawah gusi atau melekat di sela-sela gigi seringkali sulit untuk dibersihkan. Salah satu contoh makanan yang sering terjebak di bawah gusi adalah popcorn dan serat daging. Satu atau dua hari sesudah sisa makanan terselip, terjadilah pembengkakan yang baru akan mereda setelah sisa-sisa popcorn dibersihkan atau keluar dengan sendirinya.
  4. Perbaikan gigi dengan cara yang salah
    Gigi yang merenggang karena usia dan diperbaiki dengan cara yang salah, dapat memudahkan sisa-sisa makanan terjebak di sela-sela gigi. Seringkali, sisa-sisa makanan yang sudah terjebak itu sulit dibersihkan sehingga lama-kelamaan dapat menyebabkan infeksi. Gigi palsu yang tidak pas juga dapat mengiritasi jaringan gusi, menyebabkannya luka atau bengkak.
  5. Hormon
    Beberapa wanita menemukan bahwa perubahan kadar hormon dapat menyebabkan gusi bengkak. Hal ini biasanya bersifat sementara dan biasanya terjadi saat hamil.
  6. Obat-obatan tertentu
    Jika anda sudah sangat baik dalam merawat kesehatan gigi tapi masih mengalami gusi bengkak, maka saatnya untuk mencurigai obat yang Anda konsumsi. Beberapa obat seperti obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dapat membuat pertumbuhan berlebih dari jaringan gusi yang terlihat seperti bengkak.

Pencegahan Gusi Bengkak

Ada beberapa langkah pencegahan gusi bengkak yang bisa Anda lakukan secara rutin dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya adalah;
  1. Mengatur pola makan seimbang, mencakup buah-buahan dan sayuran.
  2. Hindari makanan dan minuman manis.
  3. Hindari hal-hal yang dapat mengiritasi gusi seperti obat kumur yang terlalu tajam, alkohol dan tembakau. 
  4. Ubah merek pasta gigi dan obat kumur jika Anda menemukan ketidaknyamanan pada area oral Anda setelah menggunakannya.
  5. Sikat dan gunakan benang gigi secara teratur.
  6. Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setidaknya setiap enam bulan.
  7. Jika gusi bengkak yang Anda alami disebabkan oleh abses gigi, minumlah obat abses gigi yang tepat dan aman yang bisa Anda dapatkan.
 Penyebab Dan Pengobatan Gusi Bengkak Bernanah - Selain penyebab gusi bengkak, simak juga pengobatan yang tepat untuk mengatasi gusi bengkak berikut.

Pengobatan Gusi Bengkak

Beberapa langkah pengobatan gusi bengkak, diantaranya;
  1. Membuat kanal ke akar gigi. Dokter akan mengebor ke bagian bawah gigi, mengangkat jaringan lunak yang menjadi pusat infeksi, serta mengeringkan abses. Cara ini dapat menghilangkan infeksi dan menyelamatkan gigi pasien.
  2. Mengeringkan abses, dengan cara membuat sayatan kecil pada benjolan abses dan mengeluarkan cairan nanah dari dalamnya.
  3. Memberikan antibiotik. Jika infeksi sudah menyebar ke gigi lainnya, dokter akan meresepkan antibiotik untuk menghentikan penyebaran bakteri.
  4. Mencabut gigi yang terinfeksi. Jika memang tidak bisa diselamatkan, maka gigi yang terkena abses akan dicabut. Dokter kemudian akan mengeringkan abses.
Demikian informasi mengenai penyebab dan pengobatan gusi bengkak, semoga bermanfaat !!!

Tidak ada komentar: